by

Pemkot Palopo Larang Kapal Pesiar Asal Australia Merapat Untuk Mengantisipasi Corona

Auroramedia.id – Kapal pesiar berbendera Australia, Coral Adventure, yang hendak berlabuh ke Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) dilarang merapat. Hal ini untuk antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Kita telah amati bersama tanggapan masyarakat terkait ini (kedatangan kapal pesiar). Dan Ini perlu mendapat perhatian khusus dari kita, karena jika ini salah penanganannya, maka akan menimbulkan masalah baru,” ujar Wali Kota Palopo, Judas Amir, melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (6/3/2020).

Kapal pesiar Coral Adventure rencananya akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Ringgit (PTR), Kota Palopo, pada Senin (9/3) nanti. Namun setelah rapat koordinasi antara Judas bersama Forkopimda, Syahbandar Palopo, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan stakeholder terkait di Aula Kantor Bappeda Palopo pada Kamis (3/2) kemarin, diputuskan kapal tersebut diminta tak berlabuh dahulu di Palopo.

Judas menegaskan, kedatangan Kapal Coral Adventure ke Kota Palopo belum tepat di saat tengah mewabahnya virus Corona.

“Sebaiknya ditunda. Meskipun saat ini kita tengah galakkan promosi agar daerah kita di datangi turis-turis, namun kali ini kedatangan kapal pesiar bukan tidak diterima, tapi ditunda kedatangannya,” paparnya.

Judas melanjutkan, penundaan kedatangan Kapal Pesiar Coral Adventure tersebut bukan berarti Kota Palopo belum siap menangani virus corona, tetapi untuk kewaspadaan.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Palopo Taufan Eka Putra mengatakan pihaknya telah menerima surat pemberitahuan kedatangan Kapal Coral Adventure. Namun izin bersandarnya kapal belum dikeluarkan.

“Karena surat penundaan nantinya akan ada tahapan. Dimana kami akan teruskan ke Dirjen Perhubungan Laut untuk kemudian diteruskan ke Kementerian Perhubungan,” kata Taufan.

Taufan menambahkan, ditengah mewabahnya Covid-19 saat ini, pihaknya tidak serta merta mengeluarkan keputusan. Harus ada koordinasi kepada semua pihak untuk menunda kedatangan kapal Coral Adventure.

Surat yang ditandatangani Wali Kota Palopo untuk menunda kedatangan Kapal Coral Adventure tersebut ditujukan ke Syahbandar Palopo, Kepala Kantor Imigrasi Palopo, dan ditebuskan kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Forkopimda, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar.

Sumber : Detik

Comment

News Feed