by

Ridwan Kamil Usulkan 4 Bendung Baru di Jabar Untuk Atasi Banjir

Auroramedia.id – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengusulkan pembangunan empat bendungan baru. Salah satu fungsinya untuk mengendalikan banjir di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

Kang Emil sapaannya mengatakan sudah menyampaikan usulan tersebut dalam rapat dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara beberapa waktu lalu. Usulan tersebut juga disampaikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Ia menuturkan sedikitnya butuh empat bendungan baru yang diusulkan untuk mengatur air sungai khususnya di zona rawan banjir. Saat ini dia sedang mencari titik yang pas untuk dijadikan bendungan.

“Ingin ada bendungan penahan pengatur aliran Sungai Cibeet dan Cilamaya, kemudian Cileungsi dan Cikeas juga. Butuh sekitar tiga sampai empat lokasi di zona terdampak,” kata Kang Emil kepada wartawan, Jumat (10/1/2020).

Menurut dia, usulan tersebut disambut baik Presiden Jokowi. Selain itu Presiden juga meminta agar proses pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi bisa selesai akhir tahun ini.

“Intinya Presiden setuju pengaturan air ini ke wilayah utara khususnya perkotaan harus ada pengendali yang lebih baik,” ungkap dia.

Lebih lanjut, agenda berikutnya yaitu akan digelar rapat teknis pembagian tugas dalam mengelola tata air yang berada di Jabodetabek. Mengingat sistem air sebelumnya tidak didesain untuk mendekati curah hujan 400 milimeter.

“Jadi faktor ini secara resmi adalah cuaca ekstrem, yang biasanya 100 milimeter itu paling tinggi, kemarin itu tertinggi dalam 154 tahun jadi sangat-sangat tinggi,” ujarnya.

Sumber : Detik

Comment

News Feed